CARI KERJA DIMANA, NIH? | TIPS CEPAT MENDAPATKAN PEKERJAAN SETELAH LULUS

TRIK AGAR CEPAT DAPAT PEKERJAAN SETELAH LULUSCARI KERJA DIMANA, NIH? | TIPS CEPAT MENDAPATKAN PEKERJAAN SETELAH LULUS. SALAH satu tahap sulit yang biasa kita lalui sebagai fresh graduate adalah mencari kerja. Seringkali, sebagai mahasiswa yang baru lulus, kita dipandang sebelah mata oleh para perusahaan yang sedang merekrut karyawan. Baca juga HEBOH FOTO PENAMPAKAN HANTU BOCAH DI RANU REGULO | PENAMPAKAN HANTU BOCAH DI RANU REGULO TERPOTRET KAMERA PECINTA ALAM
Jangan gusar, banyak kok cara untuk kita mendapatkan kerja.

Datangi bursa kerja

Sangatlah jelas, bursa kerja adalah cara menakjubkan untuk bertemu perusahaan yang kita incar. Karena bursa kerja bersifat lebih informal, maka kamu bisa sekaligus memanfaatkan ajang ini sebagai sarana membuka jaringan.

Banyak kampus rutin menyelenggarakan bursa kerja dengan mengundang perusahaan-perusahaan ternama. Jika kampusmu menyediakan sarana untuk mempertemukanmu dengan para profesional, jangan sia-siakan kesempatan itu!

Berhubungan dengan mentor magang

Banyak hal yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti magang kerja: pengalaman kerja, berbagai kesempatan jalan-jalan gratis, dan tentu saja: koneksi.

Jagalah hubungan baikmu dengan mantan mentormu ketika magang. Sesekali ajak mereka bertemu untuk ngopi bareng sambil mengobrol. Para mentor ini mengerti betapa sulitnya mencari kerja usai kelulusan. Nah, karena mereka kian mengenal pribadimu, maka mereka pun tidak akan segan memberi bimbingan kepadamu dalam mencari kerja.

Siapa tahu, mereka bisa memberimu posisi yang sedang lowong di kantornya. Atau setidaknya, memberimu rekomendasi untuk diperkenalkan kepada rekanan kerjanya.

Bertemu dengan konselor karier di kampus

Beberapa kampus menyediakan pusat karier lengkap dengan para konselornya. Jika kampusmu memiliki fasilitas ini, jangan segan untuk memanfaatkannya.

Magang kerja usai lulus kuliah

Siapa bilang magang kerja cuma monopoli anak kuliah? Jika teman-teman sekampusmu memilih liburan setelah lulus kuliah, kenapa kamu enggak melamar untuk magang di sebuah perusahaan? Seringkali, pengalaman magang kerja justru mengantarkan seseorang meraih pekerjaan impiannya.

Manfaatkan LinkedIn

LinkedIn.com adalah situs jejaring sosial profesional. Di situs ini, kamu bisa mengunggah resume atau curriculum vitae (CV)-mu dan berhubungan dengan orang lain melalui hubungan langsung atau via mutual friends.

Instrumen virtual ini adalah cara yang baik untuk tetap mengetahui kabar kolegamu dan kesibukan yang sedang mereka geluti sekarang. Siapa tahu, kamu juga bisa dapat informasi lowongan kerja dari mereka, kan?

Nge-tweet aja

Percaya atau enggak, Twitter bisa menjadi alat pembangun karier. Dalam beberapa tahun terakhir, majalah Forbes, TIME, dan Wall Street Journal telah mempromosikan Twitter sebagai salah stau cara mendapatkan pekerjaan.

Caranya, jadilah follower seseorang yang kamu kagumi atau perusahaan yang kamu incar. Kemudian, berkicaulah tentang orang atau perusahaan tersebut. Misalnya, "Langkah perusahaan A mengatasi krisis global keren banget! Aku mau deh suatu saat gabung bekerja dengan mereka!"

Karena Twitter bersifat lebih cepat dari media jejaring sosial online lainnya, kicauanmu mungkin akan mendapat respons lebih cepat dari yang kamu bayangkan. Jadi, pastikan kicauanmu di Twitter bersifat profesional, ya!

Ngobrol dengan dosen

Dosen-dosenmu bukan hanya seseorang yang memberimu nilai di kampus. Mereka adalah para ahli di bidangnya masing-masing dan terhubung dengan jaringan profesional yang sangat luas.

Jika kamu belum berhubungan baik dengan dosen-dosenmu, mulailah dari sekarang. Jika dosenmu tahu apa yang menarik minatmu, mereka akan dengan senang hati memberitahumu ketika ada lowongan pekerjaan. Seru, kan?

Browsing di internet

Kita semua tahu, internet menawarkan jutaan informasi setiap saat, termasuk lowongan pekerjaan. Kamu bisa membuka website perusahaan-perusahaan incaranmu untuk mencari informasi lowongan pekerjaan. Atau, coba saja bergabung dengan mailing list penyedia lowongan pekerjaan untuk mendapatkan perkembangan terbaru lowongan yang tersedia.

Nah, satu hal yang perlu kamu siapkan sebelum memulai perburuanmu adalah berkas lamaran pekerjaan. Pastikan kamu selalu memiliki satu bundel berkas lamaran pekerjaan yang siap kamu unggah atau cetak ketika menemukan lowongan pekerjaan yang cocok.
okezone.com

CARI KERJA DIMANA, NIH?, TIPS CEPAT MENDAPATKAN PEKERJAAN SETELAH LULUS, Cara Cepat Bekerja setelah Lulus, Situs Lowongan Kerja, Lowongan Pekerjaan, LinkedIn.com, Situs Jejaring Sosial Profesional